Headlines News :
Home » » Pengalaman Berharga Bekerja Di kapal Pesiar

Pengalaman Berharga Bekerja Di kapal Pesiar

Written By costacrew on Selasa, 14 April 2009 | 03.17


Memulai karir tahun 2003 sebagai utility Steward di Star Cruises dan diangkat sebagai Cabin Steward pada tahun itu juga. Waktu itu kontrak kerja di Star cruises berkisar antara 9-10 bulan. Dan ada sedikit kecurangan di pihak agency yang waktu itu di pegang oleh HRi,mereka mempermainkan perjanjian kontrak kerja sehingga gaji yang di peroleh oleh crew tidak sesuai dengan standard international. Rata-rata jam kerja kita teratur dan kedisiplinan dalam pekerjaan mungkin lebih ketat di banding dengan bekerja di darat. Karena ada permasalahan dengan agency dan pihak perusahaan tahun 2004 perecruitan crew dari indonesia di stop untuk sementara. dengan adanya peralihan pihak agency yang sekarang di pegang oleh PT.Meranti Magsaysay Jakarta,mulai lagi tahun 2005 awal. Star Cruises kini merecruit kembali crew dari Indonesia,dengan perjanjian kontrak kerja yang lebih jelas dan lebih baik dari sebelumnya karena sudah memakai standard international sebagai acuan dalam segala bidang. Pada masa peralihan agency,yang notabene crew indonesia banyak di kurangi saya dan teman-teman pada waktu itu mencoba untuk bergabung menjadi crew kapal pesiar di perusahaan lain. Ada yang memilih berpindah ke Carnival dengan proses menanti keberangkatan yang relatif lama,ada yang mencoba ke kapal MSC,dan saya sendiri mencoba bergabung di Holland America Line yang agency nya di pegang oleh SBI (Sumber Bakat Insani) berpusat di Jakarta. Dengan melalui proses yang sedikit rumit dan interview yang lumayan melelahkan akhirnya berhasil juga lolos untuk mengikuti training selama 4 minggu. Dan di sana tersedia juga mess yang dikhususkan para calon crew di Holland America Line. Dulu memang Holland America Line menawarkan perecruitan gratis sampai training pun kita mendapatkan uang saku dalam bentuk dollar setiap akhir minggu. Kemudian proses training berisi bahan praktik dan teori seputar kehidupan dan keadaan kerja di kapal. Yang kemudian di setiap akhir minggu dan di akhir training di adakan evaluasi yang berstandard international. Kemudian hasil itu menjadi nilai kelayakan kita untuk berangkat. Holland America Line juga merupakan bagian dari Carnival Cooperation yang merupakan perusahaan terbesar di dunia. Dengan pertimbangan kontrak kerja yang lebih lama di banding dengan perusahaan yang lain, dulu terdapat potongan gaji setiap bulannya yang cukup memberatkan, dan posisi yang didapat crew dari indonesia pasti berawal dari bawah. Posisi saya waktu itu menjadi GPA Housekeeping dan untuk menjadi Cabin Steward membutuhkan bertahun-tahun. Saya hanya mampu menyelesaikan satu kontrak di Holland America Line. Kemudian saya sempat bekerja di restauran yang berada di jakarta yang menjual menu masakan dari Italy. Mungkin dengan jiwa petualang yang saya miliki, saya tidak bertahan lama di restauran ini dan kemudian saya mencoba melamar di Costa Cruises yang waktu itu ada posisi sebagai Cabin Steward dan kemudian saya tertarik untuk mencoba melamar posisi sebagai cabin steward. dengan tekad,kemauan,usaha dan doa yang kuat akhirnya saya dapat juga melewati tahap demi tahap dimulai dari interview hingga sampai dengan medical. Di PT Meranti Magsaysay yang menjadi agen resmi dari Costa cruises sebelum proses kerja berlangsung kita sebagai calon crew juga di didik terlebih dahulu untuk mengikuti training selama 4 minggu. Hampir sama dengan Holland America Line,basicnya memberikan bekal teoi dan prakteknya. Di PT Meranti Magsaysay Jakarta memiliki gedung training dan prakteknya sendiri yang lumayan memadai dan di set up menyerupai keadaan kapal yang sebenarnya. Dalam masa training kita di beri bekal pengetahuan dan prakteknya dengan trainer yang berpengalaman di bidangnya masing-masing yang ditunjuk oleh perusahaan langsung. Ada trainer yang berasal dari luar Indonesia juga. Dengan kedisiplinan yang tinggi mulai diterapkan di awal kita training. Mungkin Proses ini di rasa agak sedikit rumit di banding yang lain tetapi setelah kita menyelesaikan tahap demi tahap,mingkin akan lebih ringan....Apalagi bila jadwal keberangkatan sudah mulai ada. Di perusahaan ini saya menemukan dan belajar banyak hal yang saya rasa masih baru bagi saya. Saya di tuntut untuk bisa dan mau belajar bahasa asing di luar bahasa Inggris,karena kebanyakan tamu berasal dari Italy,France,German.Spanish.swiss danPortugese. Meskipun ada juga tamu yang berasal dari America,Asia ataupun dari negara lainnya. Tapi karena Costa Cruises Terkenal di Eropa,makanya kebanyakan tamunya berasal dari eropa dan sekitarnya. Mungkin ini yang menjadikan tantangan bagi saya untuk lebih mau belajar hal-hal yang baru. Apalagi posisi saya sebagai Cabin Steward di tuntut untuk memberikan Excellent Service bagi tamu,saya juga harus bisa sedikit mengerti kebiasaan ataupun budaya dari masing-masing negara secara autodidak membuat saya bisa membedakan kebiasaan ataupun gaya hidup dari masing-masing negara. Menantang bukan....? Hal ini yang membuat saya lebih tertantang selain juga gajinya yang menurut standard orang Indonesia lumayan besar nominalnya. Satu hal yang perlu diingat yaitu kesabaran dalam segala hal dan berjalanlah dengan kejujuran,loyalitas,dan yakinlah bahwa anda pun bisa melakukannya...Terimakasih untuk teman-teman saya baik yang masih ada di Hollamd America Line khususnya di Ms Westerdam dan teman-teman saya yang ada di Costa Concordia...Semoga Tuhan melindungi dan memberkahi kita semua...Amin.
Share this article :

2 komentar:

  1. nice info, Boleh tau brapa kisaran gaji yang didapat GPA Housekeeping dan Cabin steward, Tips included.

    Thanks

    BalasHapus
  2. Banyak yg meniming2i macam2 fasilitas yg bla bla bla,bagaimana dengan anda?

    BalasHapus

Costa Live Traffic Feed

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Cinta Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template